Visi Dan Misi

 



VISI DAN MISI

SMP MUHAMMADIYAH 3 NATAR


A.    Visi Sekolah

Visi Pendidikan SMP Muhammadiyah 3 Natar Kabupaten Lampung Selatan "Anggun dalam Moral, Unggul dalam Intelektual, Berprestasi dalam Segala Bidang”, yang diakronimkan denga Anggun, Unggul, Berprestasu Dengan indikator sebagai berikut:

  1. Anggun dalam Moral dapat terwujud dengan adanya peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, perilaku yang mengedepankan akhlakul karimah, dan menjalankan ibadah dengan benar berdasarkan Al Qur’an Hadits.
  2. Unggul dalam Intelektual dapat erwujud melalui  peningkatan kualitas lulusan dalam bidang akademik dan non-akademik. Memiliki daya saing yang bagus dan mapan dalam ilmu pengetahuan dan tekhnologi, sehingga diharapkan dapat beradaptasi dengan baik sesuai perkembangan zaman, serta memiliki kebijaksanaan dalam bersikap dan bertindak.
  3. Berprestasi dalam segala bidang dapat terwujud dari etos dan semangat belajar yang tinggi dalam mengenal dan mempelajari ilmu pengetahuan. Tidak mudah menyerah, selalu berusaha memperbaiki diri dan lingkungan, sehingga dapat memberikan kemanfaatan sebesar-besarnya pada diri dan lingkungan sekitar. Serta mau dan mampu berkompetisi dalam segala bidang baik di level regional, kabupaten kota, provinsi, nasional bahkan internasional.
  4. Meningkatnya pengembangan kurikulum, sumber daya manusia, dan proses pembelajaran.
  5. Terwujudnya lingkungan yang tertib, bersih, indah, hijau, dan serasi.

Kami memilih visi ini untuk tujuan jangka panjang. jangka menengah (4 tahun), dan jangka pendek (Rencana Operasional = 1 tahun). Visi ini menjiwai warga sekolah kami untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan sekolah. Untuk mencapai visi tersebut, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas.


B. Misi Sekolah

SMP Muhammadiyah 3 Natar yang terletak di Kabupaten Lampung Selatan memiliki misi sebagai berikut:

1.    Memiliki standar RPS (Rencana Pengembangan Sekolah) yang efektif, efisien dan dinamis.

2.    Terwujudnya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang mengacu pada delapan standar yang baik dalam penerapan Kurikulum 2013.

3.    Melaksanakan pengembangan kurikulum yang berbasis iman dan taqwa, serta kearifan lokal.

4.    Terlaksananya proses pembelajaran yang bermutu sesuai Standar Nasional Pendidikan

5.    Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang lengkap dan memadai serta termanfaatkan dengan baik.

6.    Terwujudnya tenaga pendidik dan kependidikan yang professional

7.    Terselenggaranya manajemen pendidikan yang bermutu sesuai dengan SNP (Standar Nasional Pendidikan).

8.    Terwujudnya model-model sistem penilaian sesuai SNP

9.    Terwujudnya lulusan yang berakhlakul karimah, berprestasi dan sehat.

10.     Mendayagunakan potensi lingkungan sebagai sumber belajar

11.     Mengikuti kegiatan lomba akademik dan non-akademik

12.     Menata lingkungan belajar yang kondusif

13.     Terciptanya sekolah Sehat yang Berbudaya Lingkungan

14.     Terwujudnya peningkatan pembiayaan pendidikan yang memadai

15.     Terjalinnya kerjasama yang baik dengan komite sekolah, masyarakat, pengusaha, tenaga profesional dan instansi terkait.


Berbagi

Posting Komentar